Mitra Sekolah

School of Parenting

Sekolahku-MySchool

  • 0274889937
  • info@sekolahkumyschool.org
  • www.sekolahkumyschool.org

Kontak Koordinator

Nama : Ms Shanti

No Telp. / WA : 0811292954


Alamat

Jl. Sumberan 2 No.31, Sariharjo-Ngaglik, Sleman

KABUPATEN SLEMAN, DI YOGYAKARTA


Tentang Sekolah

Sejak tahun 2006 sekolahku-Myschool mengembangkan program Antibullying yang mendorong siswa untuk berperan aktif dalam mengantisipasi, mengidentifikasi, dan mengintervensi prilaku bullying di sekolah. Program ini juga mendorong siswa untuk saling mendukung dan membantu di antara teman sebaya, terutama pada teman yang membutuhkan seperti siswa yang berkebutuhan khusus. Efektivitas kurikulum ini telah terbukti dengan berkurangnya prilaku bullying antar sesama, dan meningkatnya kesadaran siswa didik terhadap prilaku bullying. Nilai-nilai penting dalam mereduksi bullying seperti kesadaran gender dan non diskriminatif juga ditekankan dalam setiap perencanaan program dan kegiatan.
Program Unggulan A. Literasi 1. Literasi tematik Kegiatan literasi harian di dalam kelas yang tematik dan sesuai kontek kehidupan siswa sehari hari dengan penekanan pada kemampuan membaca benar dan pemahaman bacaan 2. Home Reading Tugas membaca bersama orang tua di rumah di bawah program khusus yang dirancang guru. 3. Kelas perpustakaan Melakukan kegiatan literasi di perpustakaan sekolah yang memiliki 2000 judul buku. B. Pendidikan Karakter 1. Program Antibullying
Menanamkan pehamanan global kepada siswa-siswa supaya mereka merasa sebagai bagian masyarakat dunia yang tetap berpegang pada budaya dan norma lokal sebagai bagian pemahaman jati diri siswa. Mengajarkan ketrampilan memilah informasi yang diterima sebagai dasar membuat keputusan. Membangun ketrampilan diplomasi untuk menjalin kerjasama dengan orang lain, dan mendorong pemikiran yang inovatif.
Sasaran : Membangun atmosfir sekolah yang positif, melindungi korban bullying, mengubah prilaku pelaku bullying dan memberdayakan saksi mata bullying untuk mengidentifikasi, mencegah dan menghentikan prilaku bullying. Tahapan : Sosialisasi – Identifikasi - Intervensi 2. Living Value Mengajarkan nilai nilai universal seperti; Perdamaian, Menghargai, Toleransi dan Persatuan dalam kegiatan interaktif dan norma yang berlaku sehari hari di sekolah.
3. Wawasan Global

Cerita Sekolah

Sekolahku-Myschool @sekolahku_myschool telah mengembangkan kurikulum yang bermuatan program Anti-bullying agar mengantisipasi dan menghentikan perilaku Bullying. Seluruh komponen di sekolah berperan aktif dalam mengantisipasi, mengidentifikasi, dan mengintervensi prilaku bullying. Program Anti-bullying sejalan dengan nilai-nilai yang kami anut, yaitu: inklusi, penerimaan sesama teman, gotong-royong, menghargai perbedaan, non diskriminasi, tidak menghakimi, tidak berprasangka, peduli lingkungan, dan demokratis.

Efektivitas program ini ini telah terbukti dengan berkurangnya perilaku bullying di Sekolahku-Myschool hingga mendekati zona bebas bullying dan meningkatnya kesadaran siswa-siswi terhadap perilaku bullying di manapun mereka berada sehingga menjadikan mereka sebagai agen Anti-Bullying. Di samping itu, program Anti-bullying mendorong siswa-siswi untuk saling mendukung dan membantu di antara teman sebayanya, terutama pada teman yang membutuhkan seperti anak yang berkebutuhan khusus. 


Tidak ada acara yang akan datang saat ini